Ada sebuah syair yang dilantunkan untuk Syaikh Muhammad bin Al Hasan bin Abdullah ( kerabatnya Abu Hanifah ra )
تعلم فإن العلم زين لاهله
وفضل وعنوان لكل المحامد
Belajarlah kamu , sesungguhnya ilmu itu menghiasi orang yang memilikinya ¤ sebuah keutamaan dan juga menjadi tanda untuk setiap perkara yang terpuji .
Dalam tafsir disebutkan bahwa lebih utama-utamanya sesuatu ( ilmu ) setelah ilmu tauhid adalah belajar tentang ilmu fiqih . Karena Allah SWT memperlihatkan keutamaan Nabi Adam as kepada para malaikat dengan ilmu fiqih .
Dan ilmu bahasa arab juga merupakan salah satu lebih penting-pentingnya ilmu . Karena ilmu ushul/tauhid dan juga ilmu furu'/fiqih akan membutuhkan pada ilmu bahasa arab , karena sumber dari kedua ilmu tadi adalah Al-qur'an yang bahasanya menggunakan bahasa arab . Tanpa ilmu bahasa arab , Al-qur'an tidak akan dapat dipahami .
Ada sebuah riwayat dari sahabat Umar ra dan sahabat Ali ra tentang pentingnya bahasa arab . Riwayat pertama dari sahabat Umat ; diceritakan bahwa seorang a'rabi ( orang pedalaman ) menderang seorang laki-laki yang membaca Firman Allah SWT :
إن الله برئ من المشركين
ورسوله
dengan membaca kasroh/majrur pada lafadz rasulillah , yang seharusnya dibaca fathah/mansub ( athaf pada lafadz innallaha ) . Kemudian orang a'rabi tadi berkata " Jika Allah SWT saja terbebas ( tidak ada hubungan ) dari utusanya , maka akupun juga terbebas darinya . Kemudian ada seorang laki-laki yang pergi kepada sahabat Umar ra , dan menceritakan tentang kejadiannya seorang a'rabi tadi ( yang salah dalam membaca dan menyebabkan keyakinan yang salah ) . Maka sahabat Umar ra pun memerintahkan untuk mempelajari bahasa arab .
Dan riwayat kedua dari perkataanya sahabat Ali ra yang menunjukkan pentingnya peng-i'rab-an ( termasuk dalam ilmu bahasa arab ) . Beliau berkata " Fail itu marfu' , maf'ul itu mansub , dan mudlaf ilaih itu majrur " . Karena dalam bahasa arab jika Kita salah dalam hal peng-i'rab-an ( sebagaimana dalam riwayatnya sahabat Umar ra di atas ) maka Kita pun akan salah dalam hal pemahaman , lebih parahnya lagi kalau yang salah adalah ayat tentang ketauhidan .
Salah satu lagi dari ilmu yang diperbolehkan untuk Kita pelajari adalah ilmu tentang penulisan dan juga huruf . Karena Allah SWT telah bersumpah dengan lafadz yang mengandung arti tulisan dalam firman-Nya :
ن و القلم وما يسطرون
dan juga dalam ayat :
وعلم بالقلم
Sebagian Ulama' ada yang mengatakan " Ketahuilah bahwa tulisan yang bagus itu adalah perhiasanya budi pekerti " . Dan juga ada yang mengatakan bahwa tulisan merupakan setengahnya ilmu . Syaikh Fudail bin Suahail berkata " Termasuk dari keberuntungannya seseorang adalah bagus tulisanya dan juga fasih kata-katanya .
وكن مستفيدا كل يوم زيادة
من العلم واسبح فى بحور الفوائد
" Dan jadilah kamu seseorang yang selalu mengambil tambahan kemanfaatan setiap hari ¤ dari ilmu , dan berenanglah kamu dalam lautan kemanfaatan "
- Nabi Muhammad SAW yang menjadi lebih utama-utamanya para nabi pun masih berdoa dalam doanya dengan meminta bertambahnya ilmu pada diri Beliau " ربي زدني علما " . Padahal Beliau merupakan seorang yang mengetahui ilmunya orang-orang yang dahulu dan orang yang akhir .
تفقه فان الفقه أفضل قائد
الى البر والتقوى واعدل قاصد
" Belajarlah kamu ilmu fiqih , karena sesungguhnya ilmu fiqih adalah lebih utama-utamanya ilmu yang menuntun ¤ kepada sebuah kebaikan dan ketaqwaan dan lebih adil-adilnya ( lurus-lurusnya ) keadilan " . Karena memang ilmu fiqihlah ilmu yang membahas tentang syariat-syariat dan juga hukum-hukum Allah SWT , yang mana denganya tidak akan terjadi suatu kedloliman ( sesuatu yang tidak pada tempatnya ) secara pasti . Karena sudah dipastikan bahwa hukum-hukum Allah SWT itu dibersihkan dari sifat dlalim atas seorang hamba . Karena itu mustahil bagi Allah SWT untuk menjadikan suatu hukum yang bisa mendlamini seorang hamba . Dan juga ilmu fiqih akan menyelamatkan seseorang yang mencari dan yang mempelajarinya dari segala kesusahan . Diantaranya dari kesusahan tersebut adalah BODOH atas perintah-perintah Allah SWT dan larangan-larangan-Nya . Karena kebodohan atas hal-hal di atas adalah lebih besar-besarnya kesusahan .
هو العلم الهادى الى سنن الهدى
هو الحصن ينجى من جميع الشدائد
" Ia merupakan ilmu yang menuntun kepada jalanya suatu hidayah ( petunjuk ) ¤ Ia adalah suatu benteng yang akan menyelamatkan dari segala kesusahan ( cela ) " . Kata ia dalam arti di atas adalah ilmu fiqih . Sedangkan hidayah adalah sesuatu petunjuk yang akan menuntun kepada sesuatu yang yang dituju dengan halus . Dalam bait ini menunjukkan bahwa ilmu fiqih adalah sesuatu yang akan menunjukkan manusia dengan halus kepada suatu jalan yang akan menuntun kepada sesuatu yang dicari , yang salah satunya adalah mendapatkan rahmat dan pengampunanya Allah SWT .
فان فقيها واحدا متوارعا
أشدعلى الشيطان من ألف عابد
" Karena sesungguhnya seorang ahli fiqih satu yang wirai ¤ itu lebih berat bagi setan daripada seribu orang ahli ibadah " . Ahli fiqih yang wirai adalah seorang ahli fiqih yang benar-benar menjauhi suatu keharaman secara sempurna , keseluruhan . Mereka lebih berat bagi setan untuk bisa menggodanya , dan juga lebih mengjengkelkanya ( membuatnya marah ) daripada seribu orang ahli ibadah yang tidak ahli fiqih . Karena seorang ahli fiqih adalah musuhnya setang . Yang mana setan mengajak manusia kepada sesuatu kefasikan , kufur , dan kepada suatu jalan yang jauh dari suatu kebenaran . Sedangkah ahli fiqih akan selalu memerintahkan manusia kepada suatu keimanan , ketaatan , dan mengajak mereka untuk menjauhi jalan-jalan setan menuju kepada jalanya Dzat Yang Maha Pengasih . Dan seorang ahli ibadah tidak bisa menghasilkan sesuatu apapun dari keadaan-keadaan ini ketika ia bukan seorang ahli ilmu , tetapi mereka beribadah dengan tanpa penglihatan hati .
تعلم فإن العلم زين لاهله
وفضل وعنوان لكل المحامد
Belajarlah kamu , sesungguhnya ilmu itu menghiasi orang yang memilikinya ¤ sebuah keutamaan dan juga menjadi tanda untuk setiap perkara yang terpuji .
Dalam tafsir disebutkan bahwa lebih utama-utamanya sesuatu ( ilmu ) setelah ilmu tauhid adalah belajar tentang ilmu fiqih . Karena Allah SWT memperlihatkan keutamaan Nabi Adam as kepada para malaikat dengan ilmu fiqih .
Dan ilmu bahasa arab juga merupakan salah satu lebih penting-pentingnya ilmu . Karena ilmu ushul/tauhid dan juga ilmu furu'/fiqih akan membutuhkan pada ilmu bahasa arab , karena sumber dari kedua ilmu tadi adalah Al-qur'an yang bahasanya menggunakan bahasa arab . Tanpa ilmu bahasa arab , Al-qur'an tidak akan dapat dipahami .
Ada sebuah riwayat dari sahabat Umar ra dan sahabat Ali ra tentang pentingnya bahasa arab . Riwayat pertama dari sahabat Umat ; diceritakan bahwa seorang a'rabi ( orang pedalaman ) menderang seorang laki-laki yang membaca Firman Allah SWT :
إن الله برئ من المشركين
ورسوله
dengan membaca kasroh/majrur pada lafadz rasulillah , yang seharusnya dibaca fathah/mansub ( athaf pada lafadz innallaha ) . Kemudian orang a'rabi tadi berkata " Jika Allah SWT saja terbebas ( tidak ada hubungan ) dari utusanya , maka akupun juga terbebas darinya . Kemudian ada seorang laki-laki yang pergi kepada sahabat Umar ra , dan menceritakan tentang kejadiannya seorang a'rabi tadi ( yang salah dalam membaca dan menyebabkan keyakinan yang salah ) . Maka sahabat Umar ra pun memerintahkan untuk mempelajari bahasa arab .
Dan riwayat kedua dari perkataanya sahabat Ali ra yang menunjukkan pentingnya peng-i'rab-an ( termasuk dalam ilmu bahasa arab ) . Beliau berkata " Fail itu marfu' , maf'ul itu mansub , dan mudlaf ilaih itu majrur " . Karena dalam bahasa arab jika Kita salah dalam hal peng-i'rab-an ( sebagaimana dalam riwayatnya sahabat Umar ra di atas ) maka Kita pun akan salah dalam hal pemahaman , lebih parahnya lagi kalau yang salah adalah ayat tentang ketauhidan .
Salah satu lagi dari ilmu yang diperbolehkan untuk Kita pelajari adalah ilmu tentang penulisan dan juga huruf . Karena Allah SWT telah bersumpah dengan lafadz yang mengandung arti tulisan dalam firman-Nya :
ن و القلم وما يسطرون
dan juga dalam ayat :
وعلم بالقلم
Sebagian Ulama' ada yang mengatakan " Ketahuilah bahwa tulisan yang bagus itu adalah perhiasanya budi pekerti " . Dan juga ada yang mengatakan bahwa tulisan merupakan setengahnya ilmu . Syaikh Fudail bin Suahail berkata " Termasuk dari keberuntungannya seseorang adalah bagus tulisanya dan juga fasih kata-katanya .
وكن مستفيدا كل يوم زيادة
من العلم واسبح فى بحور الفوائد
" Dan jadilah kamu seseorang yang selalu mengambil tambahan kemanfaatan setiap hari ¤ dari ilmu , dan berenanglah kamu dalam lautan kemanfaatan "
- Nabi Muhammad SAW yang menjadi lebih utama-utamanya para nabi pun masih berdoa dalam doanya dengan meminta bertambahnya ilmu pada diri Beliau " ربي زدني علما " . Padahal Beliau merupakan seorang yang mengetahui ilmunya orang-orang yang dahulu dan orang yang akhir .
تفقه فان الفقه أفضل قائد
الى البر والتقوى واعدل قاصد
" Belajarlah kamu ilmu fiqih , karena sesungguhnya ilmu fiqih adalah lebih utama-utamanya ilmu yang menuntun ¤ kepada sebuah kebaikan dan ketaqwaan dan lebih adil-adilnya ( lurus-lurusnya ) keadilan " . Karena memang ilmu fiqihlah ilmu yang membahas tentang syariat-syariat dan juga hukum-hukum Allah SWT , yang mana denganya tidak akan terjadi suatu kedloliman ( sesuatu yang tidak pada tempatnya ) secara pasti . Karena sudah dipastikan bahwa hukum-hukum Allah SWT itu dibersihkan dari sifat dlalim atas seorang hamba . Karena itu mustahil bagi Allah SWT untuk menjadikan suatu hukum yang bisa mendlamini seorang hamba . Dan juga ilmu fiqih akan menyelamatkan seseorang yang mencari dan yang mempelajarinya dari segala kesusahan . Diantaranya dari kesusahan tersebut adalah BODOH atas perintah-perintah Allah SWT dan larangan-larangan-Nya . Karena kebodohan atas hal-hal di atas adalah lebih besar-besarnya kesusahan .
هو العلم الهادى الى سنن الهدى
هو الحصن ينجى من جميع الشدائد
" Ia merupakan ilmu yang menuntun kepada jalanya suatu hidayah ( petunjuk ) ¤ Ia adalah suatu benteng yang akan menyelamatkan dari segala kesusahan ( cela ) " . Kata ia dalam arti di atas adalah ilmu fiqih . Sedangkan hidayah adalah sesuatu petunjuk yang akan menuntun kepada sesuatu yang yang dituju dengan halus . Dalam bait ini menunjukkan bahwa ilmu fiqih adalah sesuatu yang akan menunjukkan manusia dengan halus kepada suatu jalan yang akan menuntun kepada sesuatu yang dicari , yang salah satunya adalah mendapatkan rahmat dan pengampunanya Allah SWT .
فان فقيها واحدا متوارعا
أشدعلى الشيطان من ألف عابد
" Karena sesungguhnya seorang ahli fiqih satu yang wirai ¤ itu lebih berat bagi setan daripada seribu orang ahli ibadah " . Ahli fiqih yang wirai adalah seorang ahli fiqih yang benar-benar menjauhi suatu keharaman secara sempurna , keseluruhan . Mereka lebih berat bagi setan untuk bisa menggodanya , dan juga lebih mengjengkelkanya ( membuatnya marah ) daripada seribu orang ahli ibadah yang tidak ahli fiqih . Karena seorang ahli fiqih adalah musuhnya setang . Yang mana setan mengajak manusia kepada sesuatu kefasikan , kufur , dan kepada suatu jalan yang jauh dari suatu kebenaran . Sedangkah ahli fiqih akan selalu memerintahkan manusia kepada suatu keimanan , ketaatan , dan mengajak mereka untuk menjauhi jalan-jalan setan menuju kepada jalanya Dzat Yang Maha Pengasih . Dan seorang ahli ibadah tidak bisa menghasilkan sesuatu apapun dari keadaan-keadaan ini ketika ia bukan seorang ahli ilmu , tetapi mereka beribadah dengan tanpa penglihatan hati .
Komentar
Posting Komentar